Informasi Umum

Kata Pengantar


Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 60 Tahun 2018 Pasal 3 ayat 3 menegaskan bahwa penerimaan mahasiswa baru program sarjana (S1) pada Perguruan Tinggi Negeri, (PTN) selain dilakukan melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, dapat juga dilakukan melalui Jalur Mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, para Rektor dari 17 PTN yang tergabung dalam BKS PTN Wilayah Barat, dalam pertemuannya di Jakarta telah bersepakat untuk dapat menyelenggarakan program seleksi masuk perguruan tinggi jalur mandiri secara bersama tahun 2021 yang dinamakan program SMM PTN-BARAT 2021. Enam belas PTN yang tergabung dalam penyelenggaraan SMM PTN-BARAT 2021 adalah:

 

Program SMM PTN-BARAT 2021, pada dasarnya merupakan jalur seleksi mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi yang teknis pelaksanaannya dilakukan secara bersama-sama. SMM PTN-BARAT adalah seleksi berdasarkan hasil ujian tulis dalam bentuk cetak (UTBC) atau kombinasi hasil ujian tulis dan data portofolio calon mahasiswa yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN-BARAT.

 

Pembiayaan penyelenggaraan SMM PTN-BARAT 2021 sepenuhnya bersumber dari biaya registrasi dan seleksi para calon mahasiswa. Informasi lebih lanjut meliputi ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pembayaran biaya registrasi dan seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan pilihan PTN serta program studinya, secara rinci dapat dilihat pada laman www.smmptnbarat.id dan website masing-masing perguruan tinggi peserta SMM PTN-BARAT tahun 2021.

 Jakarta, 2 Juli 2021
Mengetahui 
Ketua BKS Wilayah Barat/
Bendahara SMM PTN-BARAT 2021   
Ketua SMM PTN-BARAT 2021
  
  
Prof. Dr. Ridwan Nurazi, SE., M.Sc.
Rektor Universitas Bengkulu .
Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng.
Rektor Universitas Syiah Kuala
  

Latar Belakang


Kegiatan seleksi penerimaan mahasiswa baru merupakan hal yang penting, yaitu untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang berkualitas dan memiliki kompetensi dasar yang baik sesuai dengan standar yang ditetapkan. Kegiatan ini merupakan suatu kegiatan rutin bagi seluruh institusi pendidikan, karena itu penyelenggaraannya harus profesional, terjamin, terukur dan efisien.

Seleksi calon mahasiswa jalur mandiri yang dilakukan oleh masing-masing perguruan tinggi selama ini telah berjalan baik, namun bagi peserta, penyelenggaraan ini belum menguntungkan, kurang fleksibel, dan kurang efisien karena bersifat lokal dan tidak memiliki opsi untuk memilih program studi pada perguruan tinggi lain yang tergabung dalam BKS PTN Indonesia Wilayah Barat. Melalui program SMM PTN-BARAT 2021 ini, para peserta memiliki opsi untuk memilih program studi pada perguruan tinggi lain yang diminatinya seperti yang ditawarkan pada program SBMPTN.

Tujuan


Tujuan penyelenggaraan SMM PTN-BARAT 2021 adalah sebagai berikut:

  1. Memfasilitasi para calon mahasiswa peserta seleksi mahasiswa baru jalur mandiri, memiliki opsi untuk memilih dan masuk menjadi mahasiswa pada program studi dari berbagai perguruan tinggi.
  2. Menyeleksi secara bersama, calon-calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik.