Informasi Penting Pelaksanaan SMM PTN-BARAT 2022
  1. Pendaftaran dimulai sejak tanggal 1 April – 27 Juni 2022, kemudian bagi para peserta ujian SMM PTNBarat 2022 yang telah melakukan pembayaran biaya pendaftaran paling lambat pada tanggal 28 Juni 2022, pukul 12.00 WIB namun belum menuntaskan pengisian formulir pendaftaran secara online, diberi kesempatan untuk menyelesaikannya dan melakukan simpan permanen paling lambat tanggal 28 Juni 2022, pukul 14.00 WIB dan batas akhir cetak kartu peserta pada tanggal 28 Juni 2022, pukul 14.00 WIB.
  2. Pelaksanaan UTBK SMM PTN-BARAT yaitu pada tanggal 30 Juni – 14 Juli 2022.
  3. Pengumuman kelulusan pada tanggal 18 Juli 2022 pukul 16.00 WIB.
  4. Unduh Tata Tertib Ujian SMMPTN Barat 2022 di sini.
Informasi
Pada SMM PTN-BARAT 2022, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tidak memungut Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) untuk semua Program Studi. Bagi pendaftar UIN Jakarta, nilai SPI yang tertulis pada surat pernyataan, akan diabaikan dan tidak menjadi syarat daftar ulang.
Informasi Umum

Kata Pengantar

Pasal 3 ayat 1 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2020 menegaskan bahwa penerimaan mahasiswa baru program sarjana (S1) pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) selain dilakukan melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, dapat juga dilakukan melalui jalur lainnya yang diselenggarakan oleh masing-masing Perguruan Tinggi. Para tahun 2022, para Rektor dari 25 PTN yang tergabung dalam BKS PTN Indonesia Wilayah Barat (BKS PTN-Barat) telah sepakat untuk menyelenggarakan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi jalur mandiri secara bersama yang dinamakan SMM PTN-BARAT 2022.

PTN yang ikut dalam penyelenggaraan SMM PTN-Barat 2022 adalah

  1. Universitas Syiah Kuala (USK),
  2. Universitas Jambi (UNJA),
  3. Universitas Lampung (Unila),
  4. Universitas Bengkulu (UNIB),
  5. Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang,
  6. Universitas Palangka Raya (UPR),
  7. Universitas Malikussaleh (Unimal),
  8. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA),
  9. Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH),
  10. Universitas Bangka Belitung (UBB),
  11. Universitas Teuku Umar (UTU),
  12. Institut Teknologi Sumatera (ITERA),
  13. Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh,
  14. Universitas Samudra (Unsam),
  15. Universitas Riau (UNRI),
  16. Universitas Siliwangi (UNSIL),
  17. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta),
  18. Universitas Sumatera Utara (USU),
  19. Universitas Andalas (UNAND),
  20. Universitas Negeri Padang (UNP),
  21. Universitas Tanjungpura (UNTAN),
  22. Institut Pertanian Bogor (IPB),
  23. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau),
  24. Institut Agama Islam Negeri Batusangkar (IAIN Batusangkar),
  25. dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Penyelenggaraan SMMPTN-Barat 2022 didasarkan kepada Surat Keputusan Ketua BKS PTN Indonesia Wilayah Barat Nomor:22-01/BKS PTN-Barat/II/2022 tanggal 7 Februari 2022 tentang Perguruan Tinggi Peserta Program SMM PTN-Barat 2022 dan Surat Keputusan Ketua BKS PTN-Barat Nomor:22-02/BKS PTN-Barat/II/2022 tentang Panitia Program SMM PTN-Barat 2022. Agar pelaksanaan SMM PTN-Barat 2022 dapat berjalan lancar, maka Panitia menyusun Pedoman Operasional Baku (POB) dengan mempertimbangkan hasil evaluasi pelaksanaan SMM PTN-Barat 2021 tahun lalu. Penyusunan POB ini banyak mengambil terminologi dari POB Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022. POB SMM PTN-Barat 2022 ini adalah revisi kelima yang merupakan penyempurnaan dari POB SMM PTN-Barat tahun sebelumnya yang digunakan sebagai acuan bagi semua pihak yang terlibat dan bertanggung jawab atas pelaksanaan SMM PTN-Barat 2022. Hal ini penting agar kepercayaan masyarakat terhadap Perguruan Tinggi Negeri tetap terjaga.

Penyesuaian POB ini dapat dilakukan oleh Panitia Penyelenggara Ujian Mandiri (PPUM) atas persetujuan Panitia SMM PTN-Barat 2022. Alasan Penyesuaian ini dilakukan karena situasi dan kondisi setempat dengan prinsip keamanan, kerahasiaan, ketertiban, kelancaran, dan keberhasilan dalam pelaksanaan ujian bersama.

Diharapkan seluruh anggota panitia serta semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan ujian SMM PTN-Barat 2022 dapat menggunakan POB ini dan senantiasa menjunjung tinggi norma akademik dalam membantu proses mencerdaskan kehidupan bangsa.

 
Mengetahui  
Ketua, Sekretaris,
   
   
Prof. Dr. Ir. H. Aras Mulyadi, M.Sc
Rektor Univesitas Riau
Prof. Dr. -Ing. Ir. Mitra Djamal
Rektor Institut Teknologi Sumatera

Latar Belakang

Kegiatan seleksi penerimaan mahasiswa baru merupakan hal yang penting, yaitu untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang berkualitas dan memiliki kompetensi dasar yang baik sesuai dengan standar yang ditetapkan. Kegiatan ini merupakan suatu kegiatan rutin bagi seluruh institusi pendidikan, karena itu penyelenggaraannya harus profesional, terjamin, terukur dan efisien.

Penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru bagi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) diatur Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2020. Dalam Pasal 3 ayat 1 peraturan tersebut disebutkan bahwa penerimaan mahasiswa baru program sarjana (S1) pada PTN selain dilakukan melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, dapat juga dilakukan melalui jalur lainnya yang diselenggarakan oleh masing-masing Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, para Rektor PTN yang tergabung dalam BKS PTN Indonesia Wilayah Barat (BKS PTN-BARAT) bersepakat untuk menyelenggarakan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi jalur mandiri secara bersama yang dinamakan SMM PTN-Barat (SMM PTN-BARAT).

Seleksi calon mahasiswa jalur mandiri yang dilakukan oleh beberapa PTN Indonesia Wilayah Barat telah berjalan baik karena penyelenggaraan dilakukan secara bersama, efisien, dan tidak bersifat sangat lokal serta memiliki opsi untuk memilih program studi pada perguruan tinggi lain yang tergabung dalam BKS PTN Indonesia Wilayah Barat. Melalui program SMM PTN-BARAT 2022 ini, para peserta memiliki opsi untuk memilih maksimum 2 (dua) program studi, termasuk pada perguruan tinggi lain yang menjadi peserta SMM PTN-BARAT 2022.

Tujuan

Tujuan penyelenggaraan SMM PTNBARAT 2022 adalah sebagai berikut:

  1. Memfasilitasi para calon mahasiswa peserta seleksi mahasiswa baru jalur mandiri, memiliki opsi untuk memilih dan masuk menjadi mahasiswa pada program studi 25 (dua puluh lima) perguruan tinggi yang tergabung dalam program SMM PTNBARAT.
  2. Menyeleksi secara bersama, caloncalon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik.

Ketentuan Umum dan Persyaratan

Ketentuan Umum

SMM PTNBARAT 2022 merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKSPTN Indonesia Wilayah Barat. Penyelenggaraan seleksinya berdasar hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTNBARAT.

Persyaratan

a. Pendaftaran

  1. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C, harus memiliki ijazah.
  2. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2022, telah memiliki Surat Keterangan Lulus yang memuat sekurangkurangnya informasi jati diri, pas foto yang bersangkutan, serta dibubuhi cap yang sah.
  3. Peserta seleksi dalam kondisi kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran pada program studinya.
  4. Ijazah adalah 3 tahun terakhir 2020, 2021, dan 2022 kecuali untuk beberapa universitas:
    • UMRAH, UNJA, UTU dan Unimal tahun ijazah 5 tahun terakhir (2018, 2019, 2020, 2021, dan 2022);
    • ISBI Aceh menerima tahun ijazah 10 tahun terakhir yaitu mulai ijazah dari tahun 2013 sampai dengan 2022 dan Paket C maksimal umur 35 tahun; dan
    • UPR 3 tahun terakhir (2020, 2021, dan 2022) untuk Fakultas Kedokteran dan 5 tahun terakhir (2018, 2019, 2020, 2021, dan 2022) untuk fakultas lainnya dan paket C maksimal umur 25 tahun.

Penerimaan

Peserta seleksi lulus pendidikan menengah, lulus SMM PTNBARAT 2022, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh masingmasing PTN penerima, termasuk besaran nilai UKT dan Iuran Pengembangan Institusi (ITI) atau Biaya Pengembangan Institusi (BPI) yang besarnya dapat dilihat pada website perguruan tinggi masingmasing.

Prosedur Pendaftaran

  1. Pendaftaran SMM PTNBARAT 2022 dilakukan secara online.
  2. Pengisian borang (formulir) pendaftaran ujian tulis dan portofolio dilakukan melalui website https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ dengan cara memasukan seluruh data yang diperlukan secara benar.
  3. Pendaftaran dimulai sejak tanggal 1 April s.d 28 Juni 2022, pukul 12:00 WIB, kemudian bagi para peserta ujian SMM PTNBarat 2022 yang telah melakukan pembayaran biaya pendaftaran paling lambat pada tanggal 28 Juni 2022, pukul 12.00 WIB namun belum menuntaskan pengisian formulir pendaftaran secara online, diberi kesempatan untuk menyelesaikannya dan melakukan simpan permanen di pendaftaran.smmptnbarat.id paling lambat tanggal 28 Juni 2022, pukul 14.00 WIB dan batas akhir cetak kartu peserta pada tanggal 28 Juni 2022, pukul 14.00 WIB.
  4. Pada saat melakukan pendaftaran secara online, bagi peserta yang mengikuti SBMPTN 2022, diminta memasukkan nomor tes SBMPTN 2022 pada kolom yang disediakan.

Kelompok Ujian

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)

Ujian dilaksanakan dalam bentuk Ujian Tulis Berbasis Komputer. Adapun jenis
ujian pada pelaksanaan SMM PTNBARAT 2022 dibagi menjadi 2 (dua) sebagai
berikut:

  • Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris,dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi).
  • Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).

Jumlah dan Pilihan

  1. Peserta dapat memilih sebanyakbanyaknya 2 (dua) pilihan program studi pada satu PTN atau lebih. PTN pilihan pertama TIDAK HARUS menjadi lokasi mengikuti ujian tulis. Pada masa pandemi Covid19 seperti sekarang ini, lokasi ujian dipilih pada lokasi terdekat tempat domisili peserta saat ini.
  2. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan

Biaya Registrasi dan Seleksi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)

  • Biaya registrasi dan seleksi sebesar Rp 350.000,
  • Biaya registrasi dan seleksi dapat dibayarkan pada waktu yang ditetapkan melalui Bank mitra yang telah ditetapkan.
  • Biaya registrasi dan seleksi yang telah dibayarkan TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Tempat dan Lokasi Ujian

  • Tempat ujian peserta SMM PTNBARAT 2022 adalah di PTN terdekat dari tempat domisili peserta saat ini. Protokol pencegahan penyebaran Covid19 harus diikuti. Kesehatan dan keselamatan peserta dan panitia menjadi prioritas.
  • Lokasi ruang ujian tulis diatur dan ditetapkan oleh panitia pada masingmasing PTN peserta program seleksi SMM PTNBARAT 2022

Pengumuman Hasil Seleksi

Hasil seleksi SMM PTNBARAT 2022 akan diumumkan pada tanggal 18 Juli 2022 mulai pukul 16.00 WIB dan dapat diakses melalui laman:
Laman utama: http://pengumuman.smmptnbarat.id
Laman mirror sebagai berikut:

Sekretariat

1. Informasi resmi mengenai SMM PTN–BARAT 2022 dapat diakses melalui:
a. Website SMM PTN–BARAT 2021: http://www.smmptnbarat.id
b. Website perguruan tinggi masing–masing.
c. Sekretariat panitia SMM PTN–BARAT 2022 pada masing–masing perguruan tinggi.

2. Alamat Sekretariat SMM PTN–BARAT 2022 adalah sebagai berikut:
Gedung Rektorat ITERA
Jalan Terusan Ryacudu, Way Huwi, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten
Lampung Selatan,
Provinsi Lampung 35365.
Web: https://smmptnbarat.id
e–Mail: helpdesk@smmptnbarat.id
Telepon/Fax.: (0721) 8030188, (0721) 8030189
HP : +62 527-424-4743

3. Alamat Penanggung Jawab Teknologi Informasi SMM PTN–BARAT 2022
adalah sebagai berikut:
UPT. Data dan Informasi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten
Telp : +62254 3204321

Email : pusdainfo@untirta.ac.id

Informasi Umum

Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat, 2022

Sekretariat

Gedung Rektorat ITERA

Penanggung Jawab TIK

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

© 2022 Panitia SMM PTN-BARAT