Kata Pengantar:

Penyelenggaraan SMMPTN-Barat 2024 didasarkan kepada Surat Keputusan Ketua BKS PTN Wilayah Indonesia Barat Nomor: 24-01/BKS PTN-Barat/I/2024 tanggal 8 Januari 2024 tentang Perguruan Tinggi Peserta Program SMMPTN-Barat 2024 dan Surat Keputusan Ketua BKS PTN-Barat Nomor: 24-02/BKS PTNBarat/I/2024 tentang Panitia Program SMMPTN-Barat 2024. Agar pelaksanaan SMMPTN-Barat 2024 dapat berjalan lancar maka Panitia menyusun Prosedur Operasional Baku (POB) dengan mempertimbangkan hasil evaluasi pelaksanaan sebelumnya (SMMPTN-Barat 2023). POB SMMPTN-Barat 2024 digunakan sebagai acuan bagi semua pihak yang terlibat dan bertanggung jawab atas pelaksanaan SMMPTN-Barat 2024. Hal ini penting agar kepercayaan masyarakat terhadap Perguruan Tinggi Negeri tetap terjaga. Selain itu, penyesuaian POB dapat dilakukan oleh Panitia Penyelenggara Ujian Mandiri (PPUM) yang bertugas menyelenggarakan ujian di PTN masing-masing atas persetujuan Panitia SMMPTN-Barat 2024, guna memperlancar penyelenggaraan ujian di lokasi PTN masing-masing. Alasan penyesuaian ini dilakukan karena situasi dan kondisi setempat dengan prinsip keamanan, kerahasiaan, ketertiban, kelancaran, dan keberhasilan dalam pelaksanaan ujian bersama.

Diharapkan seluruh anggota panitia serta semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan ujian SMMPTN-Barat 2024 dapat menjadikan POB sebagai pedoman dan senantiasa menjunjung tinggi norma akademik dalam membantu proses mencerdaskan kehidupan bangsa. Selain itu, untuk menumbuhkan komitmen pemberantasan korupsi, semua panitia menandatangani pakta integritas. Semoga pelaksanaan Program SMMPTN-Barat 2024 berjalan dengan lancar dan mendapatkan mahasiswa baru yang berkualitas.

 Jakarta, 8 Januari 2024
Ketua BKS PTN-Barat  Ketua SMM PTN-BARAT 2024
  
  
Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos.,M.Si
Rektor Universitas Sumatera Utara 
Prof. Dr. I. Nyoman Pugeg Aryantha
Rektor Institut Teknologi Sumatera
  

Latar Belakang:

Kegiatan seleksi penerimaan mahasiswa baru merupakan hal yang penting, untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang berkualitas dan memiliki kompetensi dasar yang baik sesuai dengan standar yang ditetapkan. Kegiatan ini merupakan suatu kegiatan rutin bagi seluruh institusi pendidikan. Untuk menghasilkan generasi muda berkualitas. Seleksi yang akan melanjutkan estafet pembangunan Indonesia, diperlukan penyelenggaraan seleksi yang profesional, terjamin, terukur, dan efisien.

Penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru bagi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) diatur Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana Pada Perguruan Tinggi Negeri, yang disempurnakan dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 62 tahun 2023 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 48 tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri.

Dalam Pasal 4 Permendikbudristek No. 48 tahun 2022 disebutkan bahwa Penerimaan Mahasiswa Baru program Diploma dan Sarjana sebuah PTN dilakukan melalui jalur:

  1. Seleksi nasional berdasarkan prestasi;
  2. Seleksi nasional berdasarkan tes; dan
  3. Seleksi secara mandiri oleh PTN.

Sedangkan dalam Pasal 8 ayat 2 yang telah diubah pada Permendikbudristek No. 62 tahun 2023 disebutkan bahwa salah satu metode pelaksanaan seleksi dalam bentuk kerja sama tes melalui konsorsium perguruan tinggi. Oleh karena itu, para Rektor PTN yang tergabung dalam Badan Kerja Sama PTN Indonesia Wilayah Barat (BKSPTN Barat) bersepakat untuk menyelenggarakan seleksi masuk perguruan tinggi negeri jalur mandiri secara bersama yang dinamakan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Konsorsium BKS PTN-Barat (SMMPTN-Barat).

Calon mahasiswa jalur mandiri yang dilakukan oleh beberapa PTN Indonesia Wilayah Barat telah berjalan baik sejak tahun 2017. Penyelenggaraan yang dilakukan secara bersama dipandang lebih efisien, dan lebih memfasilitasi aspek pemerataan akses pendidikan bagi seluruh anak bangsa dengan memberikan opsi untuk memilih program studi pada perguruan tinggi lain yang tergabung dalam BKS-PTN Indonesia Wilayah Barat. Melalui program SMMPTN-Barat 2024 ini, para lulusan SLTA yang gagal karena terbatasnya kuota atau kurang tepat dalam pemilihan prodi dan PTN, sehingga belum diterima melalui jalur prestasi (SNBP) dan jalur tes (SNBT), untuk mengikuti seleksi kembali masuk PTN.

Disamping itu, program SMMPTN-Barat 2024 juga memberikan solusi bagi siswa yang belum memiliki akun SNPMB untuk dapat mengikuti seleksi masuk PTN. Melalui seleksi mandiri bersama PTN Wilayah Barat ini, para peserta memiliki opsi untuk memilih maksimum 4 (empat) program studi, termasuk pada perguruan tinggi lain yang menjadi peserta SMMPTN-Barat 2024.

Tujuan:

Tujuan penyelenggaraan SMM PTN-BARAT 2024 adalah sebagai berikut:

  1. Melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk memperoleh nilai sebagai bahan pertimbangan dalam program seleksi mahasiswa baru jalur mandiri pada PTN peserta sesuai dengan ketentuan, dan ketetapan perundangan yang berlaku.
  2. Memfasilitasi para calon mahasiswa peserta seleksi mahasiswa baru jalur mandiri, memiliki opsi untuk memilih dan masuk menjadi mahasiswa pada program studi 25 (dua puluh lima) perguruan tinggi yang tergabung dalam program SMMPTN-Barat Tahun 2024.
  3. Memberikan solusi kepada siswa yang belum memiliki akun SNPMB untuk dapat mengikuti seleksi masuk PTN di Wilayah Barat Indonesia.

Ketentuan Umum dan Persyaratan:

1. Ketentuan Umum

SMM PTN-BARAT 2024 merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS-PTN Indonesia Wilayah Barat. Penyelenggaraan seleksinya berdasar hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN-BARAT.

Peserta yang akan mengikuti UTBK SMM PTN-BARAT 2024 terlebih dahulu harus mendaftarkan diri secara online melalui laman pendaftaran resmi (https://pendaftaran.smmptnbarat.id/). Proses pendaftaran online merupakan rangkaian yang harus dipenuhi oleh peserta sampai pada tahap finalisasi yaitu cetak kartu ujian dan peserta Wajib mengikuti UTBK SMM PTN-BARAT 2024 sesuai dengan jadwal yang tersebut pada kartu ujian.

2. Persyaratan Pendaftaran Peserta

Untuk dapat menjadi peserta SMM PTN-BARAT 2024, calon peserta harus memenuhi Persyaratan Pendaftaran UTBK SMM PTN-BARAT 2024, sebagai berikut:

  1. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C, harus memiliki ijazah.
  2. Peserta tidak diterima melalui jalur SNBP dan SNBT atau peserta diterima melalui jalur SNBT namun belum melakukan daftar ulang.
  3. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2024, telah memiliki Surat Keterangan Lulus yang memuat sekurang-kurangnya informasi jati diri, pas foto yang bersangkutan, serta dibubuhi cap yang sah.
  4. Peserta dalam kondisi sehat sehingga tidak mengganggu proses UTBK.
  5. Memiliki ijazah yang dikeluarkan dalam 3 tahun terakhir (2022, 2023, dan 2024) kecuali untuk beberapa PTN berikut:
    1. UNJA, UMRAH, UNSAM, dan UTU dapat menggunakan ijazah 5 tahun terakhir (2020, 2021, 2022, 2023, dan 2024).
    2. ISBI Aceh menerima ijazah 10 tahun terakhir yaitu mulai ijazah dari tahun 2015 sampai dengan 2024 dan Paket C maksimal umur 35 tahun.

Prosedur Pendaftaran:

Proses pendaftaran calon peserta SMM PTN-BARAT 2024 menggunakan ketentuan sebagai berikut:

  1. Pendaftaran SMM PTN-BARAT 2024 dilakukan secara online.
  2. Pengisian borang (formulir) pendaftaran ujian tulis dan portofolio dilakukan melalui website https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ dengan cara memasukkan seluruh data yang diperlukan secara benar.
  3. Pendaftaran dimulai pada tanggal 4 Mei 2024, pukul 15:00 WIB s/d 20 Juni 2024, pukul 16:00 WIB.
  4. Bagi peserta ujian SMMPTN-Barat 2024 yang telah melakukan pendaftaran awal untuk mendapatkan ID bayar, pembayaran biaya pendaftaran dapat dilakukan paling lambat pada tanggal 20 Juni 2024, pukul 16.00 WIB.
  5. Jika peserta belum selesai menuntaskan pengisian formulir pendaftaran secara online, maka masih diberi kesempatan untuk menyelesaikannya dan melakukan simpan permanen paling lambat tanggal 21 Juni 2024, pukul 14.00 WIB.
  6. Batas akhir cetak kartu peserta pada tanggal 21 Juni 2024, pukul 16.00 WIB.

Alur Pendaftaran pendaftaran calon peserta SMM PTN-BARAT 2024 seperti pada Gambar berikut.

Materi Ujian:

  1. Materi/soal Ujian terdiri dari atas dua jenis yaitu :
    • Pertama: Tes Potensial Skolastik;
    • Kedua: Tes Literasi dalam Bahasa Indonesia, Literasi dalam Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika.
  2. Tes Potensi Skolastik (TPS) adalah Tes mengukur Kemampuan Kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam soal TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Bacaan dan Menulis. Kemampuan Kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Matematika Dasar.
  3. Literasi dalam Bahasa Indonesia, dan Literasi dalam Bahasa Inggris mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan sebagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masayarakat.
  4. Penalaran Matematika mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan warga negara dunia.

Jumlah Pilihan Program Studi:

Pada SMMPTN-Barat 2024, panitia tidak menggunakan sistem kelompok ujian. Para pendaftar dengan latar belakang SLTA apapun dapat memilih prodi tujuan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya 4 (empat) pilihan program studi pada satu PTN atau 4 PTN yang berbeda
  2. Minimal satu program studi harus dipilih pada PTN tempat lokasi UTBK dan tidak harus menjadi pilihan pertama.
  3. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Biaya Registrasi dan Seleksi UTBK

  1. Biaya registrasi yang dikenakan pada masing-masing peserta adalah sebesar Rp 375.000,-.
  2. Biaya registrasi tersebut dibayarkan pada saat pendaftaran online melalui bank mitra yang telah ditunjuk yaitu Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, dan Bank BSI.
  3. Biaya registrasi yang telah dibayarkan TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Jadwal Ujian

UTBK SMMPTN-Barat 2024 dilaksanakan pada tanggal 27 Juni s/d 05 Juli 2024. Khusus pada hari Jum’at, sesi siang disesuaikan dengan waktu sholat Jum’at di lokasi masing-masing PTN. Pelaksanaan UTBK terdiri atas dua sesi per hari dan setiap peserta hanya mengikuti ujian sesuai sesi yang telah ditentukan dengan rincian jadwal sebagai beriku:

Sesi Waktu (WIB) Kegiatan
Pagi 07.30 – 07.40 Peserta memasuki ruang ujian
07.40 - 07.50 Pemeriksaan identitas dan dokumen
07.50 - 08.00 Latihan
08.00 – 08.40 Ujian Potensi Skolastik
08.40 – 09.30 Ujian Literasi Bahasa Inggris
09.30 – 10.20 Ujian Literasi Bahasa Indonesia
10.20 – 11.05 Ujian Penalaran Matematika
Siang 13.15 – 13.25 Peserta memasuki ruang ujian
13.25 - 13.35 Pemeriksaan identitas dan dokumen
13.35 - 13.45 Latihan
13.45 - 14.25 Ujian Potensi Skolastik
14.25 – 15.15 Ujian Literasi Bahasa Inggris
15.15 – 16.05 Ujian Literasi Bahasa Indonesia
16.05 – 16.50 Ujian Penalaran Matematika

Portofolio:

Portofolio adalah dokumentasi kumpulan karya atau penampilan (performance) siswa yang dibuat selama mengikuti pendidikan menengah. Bagi peserta SMM PTN-BARAT 2024 yang memilih program studi yang ada persyaratan keterampilan, wajib mengisi portofolio yang ditetapkan. Portofolio yang dibuat dalam bentuk video, diunggah ke laman Youtube dan URL-nya dimasukkan pada menu upload portofolio di aplikasi pendaftaran melalui website https://pendaftaran.smmptnbarat.id/. Untuk portofolio yang berupa gambar, agar disimpan pada Google drive, dan link-nya dimasukkan pada menu upload.

Tempat dan Lokasi Ujian

  1. PTN pilihan pertama TIDAK HARUS menjadi lokasi mengikuti ujian tulis. Namun sebaiknya lokasi ujian dipilih pada lokasi terdekat dengan tempat domisili peserta saat ini.
  2. Tempat ujian peserta SMM PTN-BARAT 2024 adalah di PTN terdekat dari tempat domisili peserta saat ini dan menjadi PTN salah satu pilihan.
  3. Lokasi ruang ujian tulis diatur dan ditetapkan oleh panitia pada masing-masing PTN peserta program seleksi SMM PTN-BARAT 2024.

Metode Penilaian dan Kelulusan

Penilaian atas hasil UTBK SMM PTN-BARAT 2024 dilakukan dengan metode CEEB (College Entrance Examination Board) yang dilakukan oleh Panitia SMM PTN-Barat 2024. Gabungan nilai UTBK dan nilai portofolio akan dipakai sebagai untuk program studi yang mensyaratkan keterampilan (portofolio). Penilaian atas hasil UTBK SMM PTN-BARAT 2024 dilakukan dengan metode CEEB (College Entrance Examination Board) yang dilakukan oleh Panitia SMM PTN-Barat 2024. Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, penetapan kelulusan menjadi kewenangan dan tanggung jawab dari masing-masing Rektor berupa standard kelulusan atas dasar nilai UTBK yang diperoleh peserta. Nilai semua peserta pada pilihan yang sama diperingkatkan (dirangking) dari yang paling besar hingga yang paling kecil. Hasil nilai UTBK digunakan oleh Rektor PTN peserta SMM PTN-BARAT 2024 untuk menetapkan kelulusan sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada PTN tersebut.

Afirmasi

Sebagian PTN Peserta SMM PTN-BARAT 2024 menerima mahasiswa jalur afirmasi, dengan kriteria sebagaimana pada tabel berikut ini.

No PTN Status Afirmasi Kriteria
1 Universitas Syiah Kuala (USK) Ada
  • Putra/putri Daerah
  • Anak dosen/tendik
2 Universitas Malikussaleh (Unimal) Ada
  • Anak dosen
  • Pertimbangan Forkompimda
3 Universitas Riau (Unri) Ada untuk Prodi Pend. Dokter
  • Putra/putri daerah
  • Kerja sama
  • Anak dosen/tendik
4 Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Ada untuk Prodi Pend. Dokter
  • Putra/putri daerah
5 ISI Padangpanjang Ada
  • Daerah 3T
  • Anak dosen
  • Anak yatim piatu
6 Universitas Jambi (Unja) Ada
  • Anak dosen/tendik
  • Putra/putri daerah (suku anak dalam)
  • Pemegang KIP-K
  • Prestasi
7 Universitas Bengkulu (Unib) Ada
  • Putra/putri daerah
8 Universitas Bangka Belitung (UBB) Ada untuk Prodi Pend. Dokter
  • Putra/putri daerah
9 Universitas Palangka Raya (UPR) Ada
  • Putra/putri daerah
  • Anak dosen/tendik
  • Kerja sama
10 Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) Ada
  • Anak dosen/tendik
11 Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN SUSKA Riau) Ada
  • Anak dosen/tendik

Iuran Pengembangan Institusi

Iuran Pengembangan Institusi (IPI) adalah dana sumbangan yang diberlakukan pada mahasiswa jalur mandiri beberapa PTN Peserta SMM PTN-BARAT 2024. Dana ini bukan merupakan syarat kelulusan peserta, namun merupakan dana yang disumbangkan kepada PTN pada saat mendaftar ulang setelah peserta dinyatakan lulus. Informasi tentang status dan besaran IPI masing-masing prodi dapat dilihat pada laman Daftar PTN dan klik tombol Cek Prodi, sedangkan dasar pengenai IPI dan rencana penggunaannya diatur oleh masing-masing PTN.

Pengumuman Kelulusan:

  1. Pengumuman kelulusan dilakukan setelah proses penetapan kelulusan oleh masing-masing PTN, yang ditanda tangani oleh Rektor PTN terkait.
  2. Pengumuman kelulusan hasil seleksi SMM PTN-BARAT 2024 dilakukan pada tanggal 9 Juli 2024 mulai pukul 16.00 WIB melalui:
    1. Laman utama: http://pengumuman.smmptnbarat.id
    2. Laman mirror sebagai berikut:

Masa dan Tata Cara Sanggah

Masa sanggah merupakan waktu atau masa yang diberikan kepada peserta SMMPTN-Barat 2024 untuk memberikan sanggahan atau protes terkait hasil seleksi SMMPTN-Barat 2024 yang telah diumumkan. Masa sanggah berdasarkan Permendikbudristek No. 62 Tahun 2023, dapat dilakukan paling lama lima hari kerja, setelah pengumuman hasil seleksi. Proses sanggah dilakukan oleh peserta dengan mengajukan permohonan sanggah dengan mengisi form sanggah melalui laman (https://pendaftaran.smmptnbarat.id/) menggunakan akun peserta, setelah pengumuman kelulusan dengan isian sebagai berikut:

  1. Melampirkan kartu tanda peserta yang sah
  2. Menyebutkan perguruan tinggi yang disanggah
  3. Menyatakan materi sanggahan
  4. Menyebutkan alamat email untuk komunikasi
  5. Materi sanggahan divalidasi oleh PPUM PTN, untuk selanjutnya diproses sebagaimana mestinya. Jika sanggahan ditolak, penjelasan sanggahan langsung dikirimkan oleh PPUM yang bersangkutan melalui email peserta yang mengusulkan sanggahan. Jika hasil sanggahan diterima dan calon mahasiswa dinyatakan lulus, PPUM PTN melaporkan pada Tim TIK SMMPTN-Barat 2024, untuk selanjutnya ditetapkan kelulusannya oleh Rektor PTN yang bersangkutan.

Lain - lain:

  1. Informasi resmi mengenai SMM PTN-BARAT 2024 dapat diakses melalui:
    1. Website SMM PTN-BARAT 2024: https://www.smmptnbarat.id
    2. Website perguruan tinggi masing-masing.
    3. Sekretariat panitia SMM PTN-BARAT 2024 pada masing-masing perguruan tinggi.
  2. Masyarakat dan peserta dapat memantau pelaksanaan SMM PTN-Barat 2024 dan jika menemukan bukti permulaan tindakan korupsi, penyalahgunaan wewenang, kekerasan fisik, kekerasan seksual, perundungan/bullying, intoleransi dan pelanggaran lainya dapat melaporkan melalui email helpdesk masing-masing PTN yang tertera pada laman smmptnbarat.id. Masyarakat dan peserta SMM PTN-Barat 2024 juga dapat melapor melalui https://wbs.kemdikbud.go.id atau https://kemdikbud.lapor.go.id.
  3. Alamat Sekretariat SMM PTN-BARAT 2024 adalah sebagai berikut:
    Kampus Itera
    Jl. Terusan Ryacudu, Way Huwi, Kec. Jati Agung
    Kabupaten Lampung Selatan - Prov Lampung 35365
    Website: https://smmptnbarat.id
    e-Mail: sekretariat.smmptnbarat20217@gmail.com
  4. Alamat Penanggung Jawab Teknologi Informasi SMM PTN-BARAT 2024 adalah sebagai berikut:
    UPT. TIK Universitas Syiah Kuala
    Gedung ICT Center USK - Taiwan
    Jln. Syech Abdurrauf No. 2 Gampong Kopelma Darussalam Kecamatan Syiah Kuala
    Kota Banda Aceh - Prov Aceh 23112
    Web: https://smmptnbarat.id
    e-Mail: pendaftaran@smmptnbarat.id