feature-images/1mFr7KufVnZiLg8JYNRU2g2suRBrWYql6PNbd6KD.jpg
BSI Bermasalah, Ini Solusi Daftar Menurut Koordinator TIK SMM PTN-Barat 2023
SMM PTN-Barat News | Banda Aceh – Pendaftaran hari pertama hingga keempat (8-11 Mei 2023) agak mengalami masalah dari satu bank mitra SMM PTN-Barat 2023, yaitu Bank Syariah Indonesia (BSI). Gangguan ini sempat menjadi masalah serius terutama bagi calon mahasiswa asal Provinsi Aceh.

Seperti diketahui, sejak 2021 Aceh memberlakukan single banking system yaitu hanya Bank Syariah saja yang boleh beroperasi di Serambi Mekkah itu, konsekuensi Qanun Aceh tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS) No. 11 tahun 2018. Akibatnya hanya BSI yang mungkin digunakan di Aceh dari empat bank mitra pendukung pendaftaran (Bank Mandiri, BNI, dan BTN).

Ketika berita ini dirilis, sistem transaksi melalui teller dan ATM sudah bisa dilakukan, tapi aplikasi mobile banking lainnya belum berjalan normal.

Atas situasi itu, Koordinator TIK SMM PTN-Barat, Prof. Taufik Fuadi Abidin menyatakan bahwa permasalahan BSI saat ini memang masih terkendala sehingga pembayaran dari BSI belum dapat dilakukan. Hal itu menurutnya bukan karena sistem host-to-host untuk pembayaran pendaftaran SMM PTN-BARAT belum siap, tetapi karena sistem IT BSI mengalami ganguan. Jika nanti sistem IT BSI sudah normal, pembayaran biaya pendaftaran dapat dilakukan.

Lebih lanjut Prof. Taufik mengatakan, meskipun begitu pendaftaran di tiga bank lain bisa dilakukan melalui aplikasi banking tiga bank lain. “Mahasiswa yang ingin melakukan pembayaran, dapat dilakukan melalui mitra bank lainnya yaitu BNI, Bank Mandiri, dan BTN kalau memiliki akun pada bank tersebut. Atau dapat melalui Tokopedia, channel khusus yang dilakukan oleh BTN,” tambahnya.

Khusus untuk calon mahasiswa Aceh yang tidak memiliki aplikasi bank konvensional lainnya dapat menggunakan aplikasi Tokopedia. “Tokopedia bekerja sama dengan BTN yang merupakan mitra bank SMM PTN-Barat 2023 ini,” tutup Ketua LPPM Universitas Syiah Kuala itu. [tkf]

Kabar Serupa

Pendaftaran SMMPTN-Barat 2024...

Ada sebanyak 25 perguruan tinggi negeri (PTN) yang...

Soft Launching SMMPTN-Barat 20...

Kabar SMMPTN - Kegiatan soft-launching Seleksi Mas...

12 Juli 2023, Sesi Terakhir UT...

SMMPTN-Barat News | Tangerang - Akhirnya kegiatan...