feature-images/JBM2FLAIexjG3hNy9RewTb8MpDs2ejnJlCuSzkSO.jpg
Soft Launching SMMPTN-Barat 2024 Berlangsung Meriah
Kabar SMMPTN - Kegiatan soft-launching Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri wilayah Barat tahun 2024 (SMMPTN-Barat 2024) berlangsung meriah. Kegiatan soft-launching itu dilaksanakan secara daring pada Jumat (8/3/2024), dipandu oleh Dr. Yar Johan, M.Si melalui zoom meeting dan ikut disebarluarkan melalui kanal youtube official SMMPTN-Barat 2024 dan juga Tiktok.

Kegiatan dimulai sejak pukul 16.00 WIB dengan beberapa pementasaan yang ditampilkan dari kampus seni ISBI Bandung dan ISI Padangpanjang. Pementasaan seni ini sekaligus memperkenalkan 25 PTN yang tergabung di dalam SMMPTN-Barat 2024, yaitu kampus PTN konvensional, PTN seni, dan PTN agama Islam.

Pada sambutannya, wakil ketua SMMPTN-Barat 2024, Prof Ibrahim menyampaikan beberapa hal terkait dengan SMMPTN-Barat.Menurutnya seleksi yang dilaksanakan konsorsium 25 PTN ini merupakan bagian dari seleksi yang dibenarkan menurut peraturan perundang-undangan. "Menurut Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Permendikbudristek) Nomor 48 Tahun 2022 dan perubahan terakhir Permendikbudristek Nomor 62 Tahun 2023, disebutkan ada tiga jalur masuk penerimaan mahasiswa baru 2024 program diploma dan program sarjana pada perguruan tinggi negeri (PTN), yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP); Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT); dan Seleksi Mandiri. Adapun Seleksi mandiri dari perguruan tinggi wilayah Barat ini dilaksanakan atas nama SMMPTN-Barat,"ujarnya.

Pada sambutan Ketua Badan Kerja Sama PTN Wilayah Barat, Prof. Dr. Muriyanto Amin, menyebutkan bahwa kegiatan SMMPTN-Barat 2024 yang telah memasuki tahun kedelapan ini merupakan inisiatif baik yang telah dilakukan sejumlah PTN ternama di wilayah Barat Indonesia, dan terus melakukan perbaikan pada pelaksanakaannya

Pada tahun ini seperti amanat Permendikbudristek, ada empat pilihan prodi yang bisa dipilih oleh sang calon mahasiswa, dengan salah satu pilihan harus di tempat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sang mahasiswa, lanjut Prof Muriyanto, yang juga rektor Universitas Sumatera Utara (USU) itu.

Kegiatan soft-launching dimulai dengan penekanan tombol tanda dimulainya secara resmi sosialisasi SMMPTN-Barat 2024, dan mulai pendaftaran pada 4 Mei 2024 pukul 15.00 WIB. Kegiatan ini turut dihadiri perwakilan sekolah yang diundang untuk meramaikan peluncuran ini secara resmi [tkf].

Kabar Serupa

Pendaftaran SMMPTN-Barat 2024...

Ada sebanyak 25 perguruan tinggi negeri (PTN) yang...

12 Juli 2023, Sesi Terakhir UT...

SMMPTN-Barat News | Tangerang - Akhirnya kegiatan...

Secara Umum Pelaksanaan UTBK S...

SMMPTN-Barat News - Banda Aceh | Secara umum pelak...