feature-images/sAjJ7zBlwou9xyhkQxt6UdX7BJihd9VLBpSYeais.jpg
Ingin lulus SMMPTN-Barat 2023 ? Simak Tipsnya
SMM PTN-Barat News | Seleksi masuk mandiri perguruan tinggi negeri wilayah barat (SMMPTN-Barat) tahun 2023 resmi dibuka mulai tanggal 8 Mei 2023 sampai dengan 27 Juni 2023. Jalur masuk ini merupakan salah satu seleksi terakhir yang memberi kesempatan bagi mahasiswa baru memilih kampus impiannya yang ada di wilayah barat. Sebanyak 25 PTN wilayah barat tergabung dalam seleksi tahun ini.

Dalam prosesi ujian, jalur ini akan melaksanakan Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 s/d 14 Juli 2023 mendatang. Lokasi ujian dapat disesuaikan oleh peserta dengan alamat domisili yang berdekatan dengan PTN terdekat. Materi ujian terbagi dalam dua bentuk yaitu Tes Potensial Skolastik (TPS), Tes Literasi dalam Bahasa Indonesia, Literasi dalam Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika.

Koordinator Kelompok kerja Sosialisasi dan Promosi SMMPTN-Barat 2023, Teuku Kemal Fasya MHum mengatakan bahwa kedua tes yang diikuti oleh peserta nantinya memiliki kedudukannya masing-masing.

“Tes Potensi Skolastik itu mengukur Kemampuan Kognitif peserta yang sangat penting untuk diukur. Melalui tes TPS itu nantinya akan diuji kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pemahaman umum, dan kualitas bacaan dan menulis,” ucap Kemal.

Ia juga mengatakan tentang tes literasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta dalam menyelesaikan masalah dalam berbahasa. “Peserta akan diukur tingkat memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan sebagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia,” terang Kemal

Sementara itu, Sekretaris Pokja SMM PTN-Barat, Prof Supriyanto mengatakan tes penalaran matematika sebagai upaya untuk mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika. “Dalam tes ini, peserta akan dites menyelesaikan masalah sehari hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Teuku Kemal Fasya yang juga kepala UPT Bahasa, Kehumasan, dan Penerbitan mengatakan bahwa Universitas Malikussaleh sebagai salah satu peserta SMM PTN-Barat membuka kesempatan bagi calon mahasiswa yang ingin berkuliah di tempat ini melalui jalur SMMPTN-Barat 2023 yang dapat disasar sebagai kampus tujuan, baik sarjana (S1) atau Diploma (D3). Unimal menerima calon mahasiswa baru melalui jalur SMMPTN-Barat tahun ini sebanyak 663 orang yang terhitung dalam 35 prodi dari semua fakultas yang ada.

Ia menambahkan lebih lanjut agar para peserta yang mengambil kampus tujuannya perlu terlebih dahulu mengetahui daya tampung per prodi. “Sebelum mendaftar baiknya melihat daya tampung yang diberikan berdasarkan prodi yang ditawarkan. Dengan melihat daya tampung dan perbandingan dengan tahun sebelumnya, maka peserta perlu akan melihat tingkat minatan pada tahun sebelumnya,” ungkap Kemal.

ke-25 PTN yang tergabung di BKS PTN wilayah Barat ini sedang mempersiapkan proses seleksi ini sebaik-baiknya, sehingga bisa mengurangi risiko gagal sistem termasuk gagal jaringan. "Kita harapkan seluruh sistem ujian bisa terintegrasi dan dilakukan percobaan sebelum ujian dilaksanakan," tambah Prof Supriyanto.

Kabar Serupa

Pendaftaran SMMPTN-Barat 2024...

Ada sebanyak 25 perguruan tinggi negeri (PTN) yang...

Soft Launching SMMPTN-Barat 20...

Kabar SMMPTN - Kegiatan soft-launching Seleksi Mas...

12 Juli 2023, Sesi Terakhir UT...

SMMPTN-Barat News | Tangerang - Akhirnya kegiatan...